Cara Install WordPress Themes dan WordPress Plugins

Hal yang paling membuat WordPress menjadi CMS (Content Management System ) yang sangat terkenal seperti sekarang selain kemudahan dalam penggunaan juga kemudahan dalam membuat customisasi. Menjadikan sebuah blog dengan design yang sesuai degan pilihan kita sangatlah mudah karena adanya ribuan themes yang bisa didapatkan secara gratis di WordPress themes directory.
Selain tampilannya bisa dirubah dengan mudah menggunakan Themes, kemudahan lainnya adalah untuk menambahkan sebuah fungsi baru dengan menggunakan plugin. Kalau anda menggunakan adds-on dalam browser Firefox atau ekstension di Chrome, fungsi plugin sama persis dengan mereka, menambahkan sebuah fungsi dalam blog/website dengan memodifikasi tampilan.

Cara Install WordPress Themes

Cara Install WordPress ThemesUntuk mengakses admin/dashboard untuk install wordpress themes kita pergi ke menu tampilan seperti gambar di samping.
Atau singkatnya dengan mengunjungi halamanhttp://blogkamu.com/wp-admin/themes.php. Lalu pilih tab pasang tema pada bagian paling atas halaman.
Secara garis besar, menginstall WordPress themes bisa dilakukan dengan 2 cara; yaitu dengan secara langsung isntall dari repositori themes WordPress, atau dengan cara mengupload themes yang sudah ada dikomputer. Biasanya cara kedua ini kita lakukan saat kita sudah punya file themes dari download diluar direktori themes resmi wordpress.

1. Cara install WordPress themes dari direktori WordPress

Untuk menggunakan cara ini, setelah masuk dalam dashboard themes dan memilih pasang tema, kamu bisa langsung mencari nama tema dengan memasukkan namanya, mencari tema berdasarkan fitur tertentu, atau memilih tema yang sedang populer, terbaru atau yang baru saja diperbaharui.
Install-themes-dari-repositori
Ketika daftar temanya nanti muncul, kita tinggal pilih themes yang sesuai untuk kita install di blog. Langkah selanjutnya tinggal mengaktifkan themes itu,

2. Cara install WordPress themes dengan upload themes

Relatif simple dari langkah sebelumnya, kamu tinggal pilih bagian unggah setelah masuk halaman install wordPress themes pada langkah sebelumnya. Pilih themes yang ada di komputer kita upload dan aktifkan.

Cara Install Plugin WordPress

Untuk menginstall plugin WordPress, masuk pada menu plugin, tepat dibawah menu themes seperti pada gambar pertama. Kamu bisa langsung memilih tambah plugin dari sana.
Cara untuk menginstall plugin ini sama persis dengan cara menginstall WordPress themes, bisa dengan upload atau dengan pencarian. Sub menu ketika mengakses halaman install plugin juga mirip, ada pencarian plugin, plugin tags, plugin popular, atau yang paling baru.

Tips Memilih Themes dan Plugins WordPress

Dalam memilih themes dan plugins, beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah siapa yang membuat produk itu? Cari tahu sedikit tentang developernya, siapa mereka, berapa jumlah karya mereka? Semakin banyak themes dan plugins yang mereka buat, harusnya semakin bagus kualitasnya.
Developer dengan ketenaran di ranah WordPress juga lebih disarankan daripada developer yang masih baru. Lalu jangan lupa lihat jumlah downloadnya (menu popular’), semakin banyak didownload menandakan kualitas yang bagus juga.
Jangan install terlalu banyak, usahakan menginstall plugin dalam jumlah yang paling sedikit mungkin. Plugin yang memiliki fungsi banyak lebih baik daripada satu plugin hanya untuk satu fungsi. Ini penting untuk menjaga kecepatan server dalam melayani pengunjung blog/website.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment